Senin, 01 Agustus 2011

OV 10 Pergi, Selamat Datang Super Tucano

Monumen OV-10F Bronco di Lanud Abdulrahman Saleh. (Foto: Berita HanKam)

1 Agustus 2011, Malang (Kompas.com): Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Imam Sufa’at meresmikan monumen OV-10F Bronco di Lanud Abd Saleh, Malang, akhir pekan lalu.

Ini menjadi penanda berakhirnya masa pakai pesawat OV-10 Bronco. OV-10 Bronco telah di-grounded dan akan digantikan dengan pesawat tempur Super Tucano. Setelah peresmian, Imam beserta rombongan meninjau shelter Skadron Udara 21 yang akan dibangun untuk pesawat baru Super Tucano.

Sesaat sebelum peresmian, Imam Sufa’at menyampaikan harapannya agar dengan memonumenkan pesawat yang memiliki julukan si kuda liar atau biasa disebut kampret di jajaran TNI AU ini dapat menjadi sarana untuk mengenang kiprahnya dalam medan laga dan para awak yang telah gugur bersamanya.

OV-10 Bronco telah berjasa di antara lain Ops Seroja (1976-1979) di NTT, Ops Tumpas (1977-1978)di Irian Jaya, dan Ops Halilintar (1978) di Riau. Setelah peresmian monumen, KSAU beserta rombongan meninjau Skadron Udara 21 untuk pembangunan shelter pesawat Super Tucano yang akan datang menggantikan pesawat gaek OV-10F Bronco.

Sumber: KOMPAS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar