Selasa, 20 September 2011

RI-Rusia Gelar Latihan Militer Tahun Depan

Penyambutan kedatangan kapal perang Armada Pasifik Rusia RFS Admiral Panteleyev” dan RFS Fotiy Krilov di pelabuhan kota Makassar, propinsi Sulawesi Selatan pada 25 Mei 2011. (Foto: RIA Novosti/Mikhail Tsyganov)

20 September 2011, Jakarta (Jurnas.com): Kapal perang Rusia akan berlabuh di Indonesia, tepatnya di Surabaya pada 2012 untuk melakukan latihan bersama militer antara Indonesia-Rusia. Hal ini merupakan lanjutan kerja sama kedua negara yang telah disepakati sejak 2003.

“Kerja sama konkrit dengan Rusia adalah dengan melakukan latihan bersama dengan didatangkannya kapal perang Rusia ke Surabaya,” kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro usai menerima medali kehormatan untuk peningkatan kerja sama bidang pertahanan kedua negara di Kedubes Rusia di Jakarta, Selasa (20/9).

Menhan menjelaskan, kerja sama yang dilakukan di bidang pertahanan tak selalu jual beli alat utama sistem persenjataan (alutsista). “Tapi juga berupa tukar menukar perwira untuk pelatihan atau pendidikan. Karena Rusia negara besar dan kekuatan pertahanannya bisa kita jadikan pelajaran,” kata dia.

Selain itu, Rusia telah menyatakan kesiapannya untuk melakukan kerja sama pembangunan alutsista dengan skema transfer of technology.

Sumber: Jurnas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar