Minggu, 13 November 2011

KRI Sultan Iskandar Muda Gelar Latihan Boardex


10 Nopember 2011, Laut Teritorial Lebanon ((Dispenarmatim): Boarding exercise (boardex) merupakan latihan yang bertujuan untuk melatih tim anjungan dan boarding party dalam melaksanakan prosedur pemeriksaan terhadap kapal-kapal yang mencurigakan (suspect) di area of maritime operation (AMO). Serial latihan ini dilaksanakan pada pukul 13.00 s.d 15.00 LT dimana KRI SIM-367 bertindak sebagai officer conducting serial (OCS) yang bertugas mengirimkan tim boarding ke FGS ENSDORF M-1094 selaku kapal suspect. Pada latihan ini disimulasikan kapal suspect setuju untuk dilaksanakan inspection terhadap kapalnya dimana pemeriksaan dan penggeledahan akan dilaksanakan secara kooperatif dan tidak menggunakan kekerasan yang bertujuan untuk menemukan benda illegal.

Pelaksanaan latihan diawali dengan prosedur hailing dimana KRI SIM-367 selaku unsur MTF dan MIOC di AMO memperoleh data yang mencurigakan terhadap kapal suspect. KRI SIM-367 kemudian melaksanakan koordinasi dengan MTFC yang selanjutnya diperintahkan untuk melaksanakan inspection terhadap kapal suspect. KRI SIM – 367 kemudian menurunkan 2 tim boarding party dan 2 RHIB (Rigid Hull Inflatable Boat) lengkap dengan senjata ringan dan alat deteksi untuk melaksanakan pemeriksaan terhadap ABK, Dokumen maupun kapal suspect. Latihan dinyatakan selesai setelah Tim Boardex menemukan barang terlarang (satu pucuk pistol) yang disembunyikan pada ruangan yang telah ditentukan. Selanjutnya Katim melaporkan dan diperintahkan kembali ke kapal dengan tetap mengantisipasi kemungkinan terjadinya tindakan perlawanan dari ABK kapal suspect.

Latihan ini mendapat perhatian yang sangat baik dari FSG ENSDORF M-1094 dimana Komandan FGS Ensdorf M-1094 memainkan peran langsung sebagai nahkoda kapal dibantu oleh enam orang anggotanya dengan menjalankan realistic scenario sebagai kapal suspect.

Sumber: Dispenarmatim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar